Keliling Batu Caves, Malaysia

Salah satu tempat yang harus dikunjungi di KL itu adalah Batu Caves, dengan transportasi mudah dan enggak terlalu mahal, tempat ini menjadi top 5 place to go diKL selain KLCC, KL Tower dan Mesjid Jamek.

Untuk bisa ke Batu Caves, kalian tinggal naik KTM Komuter ke arah Batu Caves. bisa naik dari stasiun besar KL Sentral juga, dan harganya sekali jalan adalah 2RM. setelah turun dari stasiun batu caves kalian langsung masuk kawasan batu caves ini, bermula dari patung monyet setengah manusia (atau kebalikannya dah). dari situ kalian tinggal jalan aja ke arah tebing yang depannya ada patung terkenal di Batu Caves yaitu Murugan Statue. tempat ini adalah tempat ibadahnya orang India, jd pasti banyak bgt orang india yang ada di sini selain untuk jalan jalan mereka juga banyak yang datang untuk bedoa.

After searching about this Batu Caves, Batu Caves ini termasuk 4 Tempat Ibadah besar orang India, selain Kallumalai Temple di Ipoh, Tanneermalai Temple di Penang dan Sannasimalai Temple di Melaka.

Di Batu Caves ini kalian bisa challenge untuk naik ke tebing dibalik patung Murugan. tinggi tebingnya mencapai 100M dan memiliki anak tangga yang kurang lebih 272 Step (Itung ndiri dah). Puncaknya tebing ini adalah bukan lain tempat orang india beribadah, di dalamnya juga ada tangga lagi dan tetap disitu adalah masih tempat beribadah, bedanya di tebing kawasan ini kalian bisa meilihat para monyet monyet yang lebih banyak dibandingkan dengan kawasan tangga tebing. bawa minum ya guys kalau mau naik kesini saya yakin kalian akan haus sampe ke atas tebing ini 🙂

Tidak hanya tebing, di kawasan ini punya banyak tempat wisata lainnya, contohnya  Mini Zoo dan Tour Goa yang ada di tengah perjalan ke tebing, tour ini kalian akan di bawa unutk melihat detailnya goa yang ada di tebing tersebut, dan kalain harus bayar kurang lebih 100RM per orang (Dapet Tour Guide).

In my case, gue kesana itu Desember 2017 monyet monyetnya enggak banyak yang berkeliaran di tangga, hanya banyak adanya di main temple Murugan yang ada di puncak tebing, sebelumnya gue kesana awal 2017 monyetnya di bawah tebing aja ramenya ngalahin pengunjung 😦

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s