Osaka to Kyoto, Seharian di Kyoto, Fushimi Inari Shrine, Street Food @Fushimi Inari, Kiyomizu-Dera, Try Bus @Kyoto.

Kyoto, Kyoto pernah menjadi ibu kotanya Jepang dahulu kala. waktu pertama kali menginjakan kaki disini suasanya lebih kearah pedesaan, beda bgt begitu sampai di Osaka atau Tokyo yang lebih banyak bgt bangunan tinggi tingginya. nah untuk mencapai ke Kyoto, ada banyak bgt caranya,

Untuk dari Tokyo kalian bisa naik Shinkansen sekitar 4Jutaan PP atau kalau mau irit kalian bisa pake JR Pass seharga 3.5jutaan untuk perjalan unlimited dengan shinkansen selama seminggu (ada lagi valid timenya selain seminggu). atau kalian bisa naik bus yang pastinya bakalan menghabiskan waktu bgt guys tapi harganya relatif murah, sekali perjalan tidak sampe 2000Yen dan bisa juga beli online dari Sini.

in my case, gue jalan dari Osaka, menggunakan Kereta biasa. gue pake kartu hankyu pass, hankyu pass ini bisa bawa lo ke Kyoto PP dari stasiun Umeda. niatnya ni pass di beli biar di kyoto bisa jalan sepuasnya pake subway, tapi ternyata Kyoto bukan kota yang punya banyak rute Subwaynya, Kyoto lebih banyak busnya. tapi ni pass worth it kalo kalian mau ke Kobe sekalian :). nah jangan kuatir kalo kalian mau explore banyak tempat di Kyoto ini, kalian bisa beli Buss Pass dengan harga 500Yen seharian yang kalian bisa beli di tourism yang ada di berbagai statiun subway besar di Osaka atau di Kyoto.

In my trip kali ini gue hanya mengunjungi 2 Tempat yang paling terkenal guys! namanya Fushimi Minari dan Kiyomizu-Dera. Jujur gue tidak pencinta jepang gue enggak begitu kenal dengan tempat ini cuma kalo lo google it , ini tempat berada di peringkat  pertama dan kedua yang wajib di kunjungi :3

so first gue jalan ke Osaka menuju Kyoto denan kereta yang gue naikin dari stasiun Umeda, Rute yang include di hankyu ini adalah Umeda Station (Osaka)-Kawaramachi (Kyoto). keretanya enggak ada number seatnya, tapi kursinya seperti kereta jarak jauh yang ada di pulau jawa guys, hanya banyak space buat orang berdirinya. Jd kalo kalian beruntung kalian bisa duduk atau ya kalo lagi rame kalian bisa aja berdiri, mayan si 40-50 menitan untuk sampai ke Kawaramachi.

Diatas aadalah Foto perjalanan dari St. Kawaramachi ke St. Gion-Shijo , Menyebrangi Sungai.

Sesampainya di kawaramachi, untuk sampai ke Fushimi-inari saya naik lagi subway di Kyoto, yaitu dari Statiun Gion-Shijo (letaknya disamping Sungai yang ada di sebelahnya statiun kawaramachi)

Kawa-Gion.png

Dari Stasiun Gion-Shijo naik kereta ke Stasiun Fushimi Inari Station, jalur keretanya cuma ada satu, jadi kalian enggak akan bingung keluar lewat pintu yang mana, ini kereta macem di KRL jakarta guys yang peronnya hanya ada 2 aja enggak banyak.

turun di Fushimi-Inari Station kalian jalan ke arah kiri (tidak menyebrangi lajur kereta) dari situ ikutin aja jalannya sampai ketemu jalan menuju pintu masuknya Fushimi-Inari. patokannya adalah jalan itu banyak bgt tukang makannya.

*Review Streetfood di jalan arah ke Fushimi-Inari*

IMG_8478
Ujung StreetFoodnya

Di jalan ini makanannya beragam, contohnya Frozen Fruit Mangga, Melon, Ice Serut+Sirop, Ayam popcorn (potongan ayam kecil dilapisin tepung), satai daging babi dan daging sapi+ saus BBQ ala Jepang, Takoyaki, Kue Ikan, dan masih banyak bgt lainnya.

Disini first gue cobain makanan pertama itu satai daging jepang plus BBQ, gue beli lebih deket ke fushimi inarinya, *tokonya ada dua* jadi ada yang lebih menjauh dari fushiminya dan ada yang dekat, gue beli yang deket sama fushimi inari, why? karena yang jauh itu jual barengan sama daging babi :/ ini super enak, empuk, wanginya enak bgt dan sausnya juga enak bgt, potongannya juga gede harganya 750Yen.

Kedua, gue beli Ayam Popcorn, rasanya kurang dan porsi dikit, harganya 500Yen, mungkin bumbu tepungnya enggak pake tepung bumbu sasa yaaah;; jd kurang ada micinnya hahaha bentuknya kaya di taruh di cup minuman.

Ketiga gue beli es serut, es serut disini enggak seenak yang ada di Osaka Castle yg gue beli, hanya enak lah melepas dahaga dari jauh jalan di dalem Fushimi-Inari itu;; harganya 400 Yen Sirupnya ada Biru, Merah dan Kuning.

untuk yang lainnya gue enggak beli, untuk frozen fruit keliatannya enak tapi gue pernah makan di USJ *Review Menyusul Read My another blog about USJ*.

Back to Fushimi-Inari, setelah elewati street food, kalian akan disuguhi dengan kuil pertama sebelum berjalan melewati gate gate merah identiknya si Fushimi Inari, didepan kuilnya ada gentong (?) gede buat mereka minum airnya atau sekedar bersih bersih sebelum beribadah *FYI airnya dingin dan kita boleh coba kok*.

IMG_8484

setelah itu baru deh ikutin aja orang orang untuk masuk ke hutannya (?) Fushimi-inari ini, jd dalem pikiran gue ini gate kecil kecil ternyata gede gede, setelah melewati gate merah yang gede, gede baru deh yang kecil kecil, yang biasa banyak suka orang orang foto/ iconnya Fushimi Inari. jalannya enggak terlalu jauh kalo cuma sampe di gate kecil ini, tapi kalian kalo mau sampe ke puncaknya hutan ini juga bisa, dengan mengikuti gate merah yang besar yang ada di dekat Gate kicil kecil ini, kurang lebih kalo mau sampe puncaknya itu 30 menitan jalan kaki dengan medan seperti anak tangga yang bukan anak (?) tapi emaknye, soalnya gede gede gitu tangganya.

FYI, untuk masuk kesini FREE. gate itu artinya apa? jadi gate itu adalah pemberian orang orang kepada kuil ini, kalian juga bisa beli kok gatenya mulai dari yang segede gantungan kunci sampe yang bisa di taro di hutannya itu.

Done Menjelajah Fushimi-Inari gue Move ke Kiyomizu-Dera. sebenernya waktu paling oke buat ke Kiyomizu-Dera adalah saat sakura guys! but time tidak berpihak kepada ku so i jalan pada summer. untuk sampai ke Kiyomizu-Dera saya naik subway ke arah balik Gion Shijo, tapi turunnya satu statiun sebelum Gion-Shijo nama statiunnya Kiyomizu-Gojo. Setelah sampe, cari Exit 4 dari situ kalian bisa jalan sekitar 10 menit, lumayan emang keliatannya tapi kalo naik bus juga cuma satu halte dan itu harganya 210Yen mayan guys.

jalannya menanjak dan tidak ada teduh teduhnya (?) so kalo pas summer emang PR bgt sih, Kiyomizu-Dera ini yang terkenalnya kuil yang ada di samping tebing, tapi sebelum masuk ke kuil dan perkarangannya kalian bisa foto foto di pekarangan depannya yang enggak kalan cantik guys, disitu ada satu jalan yang di kanan dan kirinya isinya tukang jualan souvenir, menurut gue agak lumayan mehong mehong dan enggak terlalu bagus, cuma kalo buat beli satu atau dua aja sih worth it :3

yang unik menurut gue disini ada toko Kipas dan Toko Sumpit+Pisau khas Jepang. harganya sangat tidak masuk kantong gue hahaha seperti kipas bergambar anime Jepang aja yang ukuran small harganya sampe 6000-9000Yen atau sekitar 500-1 jutaan. dan kalo si sumpit juga gitu guys, intinya mehong :/

IMG_8531
Jalanan di Toko Mehong (?)

setelah jalan melewati ini tempat, baru deh jalan lagi sedikit and sampai di gatenya Kiyomizu-Dera, kalian bisa pake Amazing Pass atau bayar 400Yen per orang. masuk ke kuil ini enggak hanya masuk ke kuilnya aja guys, tapi kalian bisa juga jalan jalan ke bukit yang ada di dekat kuilnya, dan juga mencicipi air mancur 3 biji (?) yang terkenal disini (gue enggak nyobain karena antre panjang dan menurut gue yaa sama aja kali yaa kaya mata air lainnya). tempatnya teduh dan mirip kaya hutan (?) dan lagi lagi bagusnya emang pas Sakura , jd si pohon yang mirip  hutan ini isinya sakura semua *-*.

balik dari Kiyomizu-Dera kalian tinggal ikutin jalan lurus dari si toko toko mehong itu, nanti ketemu pertigaan jalan besar yang dekat dengan haltenya, nah dari halte itu ada bus langsung ke Stasiun Kawaramachi. Cari aja Stasiun Kiyomizu-Michi, dari situ bisa naik No 84, 86B, 87B, 88B, dan 207. harganya 230Yen.

Bus Stop.png

 

 

 

2 thoughts on “Osaka to Kyoto, Seharian di Kyoto, Fushimi Inari Shrine, Street Food @Fushimi Inari, Kiyomizu-Dera, Try Bus @Kyoto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s